8 Makanan Untuk Penderita Muntaber

Muntaber atau di kenal dengan nama penyakit muntah berak adalah salah satu penyakit radang pada usus. Biasanya di sebabkan karena bakteri, parasit, virus, jamur, cacing ataupun protozoa. Muntaber bisa juga merupakan wujud dari indikasi keracunan makanan dan minuman, baik yang di sebabkan karena bahan kimia ataupun karena bakteri. Penyakit ini adalah salah satu indikasi bahwa seseorang kekurangan gizi, contohnya seperti kekurangan protein dan sering kelaparan.

juga biasanya akan mengalami mual dan sangat mengganggu nafsu makannya, sehingga membuat tubuhnya dehidrasi. Itulah mengapa mereka sangat berhati hati pada makanan yang mereka makan. Tidak bisa sembarangan. Maka berhentilah untuk bermimpi di manjakan makan makanan cepat saji atau makanan instan.

Maka, inilah beberapa makanan untuk di penderita muntaber. Simak ulasannya :

  1. Buah pisang

Memang ketika terjadi pada musim peralihan, banyak sekali bakteri dan juga virus tersebar ke mana-mana. Tidak terkecuali juga muntaber. Maka anda tidak bisa untuk seenaknya memakan makanan yang sembarangan. Salah satu makanan yang boleh dikonsumsi saat muntaber adalah buah pisang. Makanan kaya akan serat ini, mudah untuk di cerna dan mudah untuk di keluarkan.

  1. Nasi

Tenang saja meskipun Anda  sedang terkena penyakit muntaber, Anda masih boleh dan dianjurkan untuk makan nasi. Karena makanan ini tergolong salah satu makanan yang mudah untuk dicerna oleh tubuh. Sehingga membuat lambung dan juga usus mudah di serap.

  1. Yoghurt

Makanan ini merupakan salah satu makanan yang juga diperbolehkan untuk di konsumsi. Yoghurt memiliki rasa asam, sebab pengolahanya yang berasal dari fermentasi susu. Sakit diare juga bisa dibantu dengan mengkonsumsi yoghurt ini. Sebab dalam yoghurt terdapat bakteri baik yang akan membantu untuk mengusir bakteri jahat yang merupakan penyebab diare.

  1. Minuman yang mengandung elektrolit

Beberapa minuman yang mengandung elektrolit juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Karena minuman tersebut memiliki ion-ion positif yang akan membantu menjaga tubuh anda. Apalagi ketika diare Anda cenderung mudah untuk dehidrasi.

  1. Jelly

Selain itu masih ada beberapa minuman dan juga makanan yang diperbolehkan dikonsumsi, salah satunya jelly. Selain jelly mengandung zat-zat yang diperlukan tubuh, jeli juga baik untuk memberikan kebutuhan nutrisi manusia yaitu vitamin dan juga mineral yang di perlukan dalam perkembangan dan kesehatannya

  1. Buah Apel

Sama seperti dengan pisang tadi, apel juga adalah salah satu makanan yang mudah di cerna oleh tubuh. Apalagi khasiatnya memiliki vitamin C, A, dan D yang baik bagi kesehatan kulit dan mata. Kandungan dari buah yang mengandung vitamin C yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita muntaber. Sehingga berguna dalam melawan penyakit. Apel juga merupakan makanan yang cukup dengan serat, maka memakan buah ini tidak akan mengakibatkan perut anda teriritasi.

  1. Teripang laut

Selain itu, ada juga beberapa hewan hewan laut yang dapat membantu untuk proses penyembuhan muntaber. Salah satunya ialah teripang laut. Hewan ini memiliki banyak sekali kandungan gizi, contohnya seperti protein, mineral, omega 3 dan masih banyak lagi. Bahan ini juga aktiv untuk gunakan sebagai obat untuk meredakan sakit nyeri hingga peradangan. Sebab sifat dari teripang sendiri ialah anti bakterial, anti toxic, dan juga anti mikroba.

  1. Banyak minum air putih

Jangan salah meskipun hanya air bening saja, tanpa rasa, air putih merupakan salah satu jenis minuman yang sangat baik untuk dikonsumsi. Manfaatnya antara lain dapat membantu mengurangi dehidrasi pada tubuh. Selain itu, dengan mengkonsumsi air putih banyak, sama sekali tidak akan memberikan efek samping yang negatif.

Baca juga