8 Cara Mengatasi Sariawan di Gusi

Rheumapas.com – Sariawan (stomatitis) adalah istilah yang digunakan ketika kondisi mulut sedang mengalami peradangan. Dampak dari peradangan ini tentunya bisa menghambat aktivitas pada seseorang untuk makan, berbicara dan juga tidur. Ada banyak pilihan cara untuk mengatasi sariawan di gusi dengan obat sariawan tradisional, tergantung dari area yang mengalami sariawan. Sariawan bisa terjadi pada seluruh bagian mulut, seperti gusi, pipi, lidah, bibir, serta langit-langit mulut. Berikut merupakan beberapa cara mengatasi sariawan pada gusi.

Cara mengatasi sariawan di gusi

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengobati sariawan dengan perawatan yang bids Anda lakukan di rumah, termasuk dengan penggunaan beberapa obat-obatan.

1. Kumur dengan air garam

Cara menyembuhkan sariawan juga dapat menggunakan bahan alami, contohnya seperti larutan garam, ini bisa untuk membantu penyembuhan. Walaupun akan sedikit terasa tidak nyaman, berkumur dengan air garam bisa mempercepat penutupan pada jaringan luka.

2. Obat kumur antiseptik

Cara menghilangkan sariawan yang bisa Anda lakukan adalah dengan obat kumur antiseptik. Obat kumur antimikroba bisa membantu membunuh bakteri atau virus yang dapat menginfeksi sariawan.

3. Menjaga kebersihan gigi menggunakan sikat lembut

Ada berbagai macam jenis bakteri tinggal dalam mulut kita. Bakteri ini berpotensi dapat menyebabkan infeksi pada sariawan, sehingga akan menyebabkan sariawan menjadi sulit sembuh.

4. Minum suplemen vitamin B-12

Salah satu gejala defisiensi atau kekurangan vitamin B12 adalah glositis atau peradangan pada lidah, dan juga munculnya sariawan. Oleh karena itu, pastikan agar kebutuhan Vitamin B12 sudah tercukupi.

5. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh serta mempercepat penyembuhan luka. Konsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan Vitamin C tinggi seperti kiwi, lemon, stroberi jeruk, dapat mempercepat sembuhnya sariawan.

6. Menggunakan lidah buaya

Cara untuk mengobati sariawan dengan alami dengan cara mengoleskan gel lidah buaya langsung pada area sariawan dapat membantu meredakan iritasi, mengurangi rasa sakit dan peradangan.

7. Kompres es

Cara mengatasi sariawan dengan cara alami berikutnya dengan mengoleskan es batu yang sedang mencair pada area sariawan. Cara ini bisa menghilangkan rasa sakit, karena dingin bisa mengurangi nyeri.

8. Bilas menggunakan minyak cengkih

Minyak cengkih telah digunakan dengan topikal (obat luar) untuk menghilangkan rasa sakit. Seseorang bisa menggunakan minyak cengkih untuk obat sariawan dengan cara membilas mulut terlebih dahulu dengan larutan garam atau bis juga obat kumur, kemudian aplikasikan kapas yang sudah direndam dalam minyak cengkih pada area sariawan.

Cara Mencegah Sariawan

Sering kali sariawan adalah kondisi menunjukkan bahwa tubuh sedang dalam kondisi tidak fit. Hindari stres dan juga kelelahan untuk mencegah sariawan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi multivitamin, sayuran, cukup tidur, dan air putih.

Selain itu, hindari juga makan makanan yang dapat mengiritasi mulut Anda, seperti kacang, bumbu tertentu, keripik, makanan asin dan buah-buahan yang asam, seperti nanas, dan jeruk. Hindari juga makanan yang akan membuat Anda sensitif dan alergi.

Seiring dengan perbaikan imunitas tubuh, sariawan akan sembuh dengan sendirinya. Namun, apabila Anda sedang terkena sariawan di atas dua minggu, meskipun sudah Anda tanggani dan berikan obat sariawan yang memadai, periksakan sariawan Anda segera ke dokter terdekat.

Baca juga