Rheumapas

7 Tanaman Obat Untuk Rematik

Rematik menurut istilah medis adalah Rheumatoid arthritis (RA). Penyakit ini merupakan kondisi radang sendi kronis diakibatkan oleh gangguan autoimun. Biasanya, penyakit rematik menyerang sendi pada jari tangan, pergelangan tangan, pergelangan kaki dan lutut. Oleh karena itu diperlukan tanaman obat untuk rematik agar kondisi tersebut tidak semakin parah.

Tanaman Obat Untuk Rematik

Penyakit rematik tidak hanya mengakibatkan linu saja, namun juga bisa menyebabkan bengkak, kaku pada persendian dan rasa sakit berlebih. Bagi sejumlah orang, penyakit ini bisa merusak sistem tubuh termasuk paru-paru, kulit, jantung, mata dan pembuluh darah.

Apabila Anda atau anggota keluarga mengalami kondisi ini, maka Anda dapat mencoba mengatasinya dengan tanaman obat untuk rematik berikut ini.

1. Lidah buaya

Bukan hanya bagus untuk kecantikan saja, tanaman ini juga dikenal ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Umumnya lidah buaya dipakai untuk menyembuhkan luka kecil di kulit, misalnya karena terbakar sinar matahari. Akan tetapi kadungan baik pada lidah buaya diklaim mampu mengatasi masalah nyeri sendi.

Lidah buaya juga dianggap sebagai tanaman obat untuk rematik karena memiliki sifat anti inflamasi. Cara untuk menggunakannya pun sangat mudah, yakni dengan mengambil bagian gel lidah buaya lalu dioleskan ke kulit.

2. Jahe

Jahe juga mempunyai sifat anti inflamasi yang bisa dijadikan sebagai tanaman obat untuk rematik. Jahe memang sudah sejak lama diyakini mampu menyembuhkan berbagai mcam penyakit termasuk rematik dan asam urat. Untuk memperoleh manfaat dari jahe ini Anda bisa mengkonsumsinya ataupun dijadikan sebagai air kompres.

Anda bisa menyiapkan 1 sdm jahe yang sudah diparut, kemudian rebus di dalam air secukupnya sampai mendidih. Lalu angkat dan rendam kain lap pada rebusan air jahe. Jika sudah hangat, maka Anda bisa menempelka waslap pada area yang dirasa nyeri minimal sekali sehari dengan durasi 15-30 menit.

Adapun jika Anda ingin memperoleh manfaat jahe dengan dikonsumsi, maka Anda cukup menyeduh 2 sdt jahe di dalam air mendidi lalu tunggu sampai hangat. Tanaman obat untuk rematik ini bisa Anda konsumsi  setiap hari sebanyak 3 gelas.

3. Kunyit

Bukan hanya bermanfaat untuk menyedapkan masakan saja, kunyit juga bermanfaat untuk membantu menyembuhkan beragam jenis penyakit. Melansir dari laman healtline.com, kunyit mengandung kurkumin yang bersifat anti inflamasi.  Sifat tersebut berperan penting sebagai tanaman obat untuk rematik. Kandungan curcumin bisa membantu menurunkan rasa nyeri bagi pengidap rematik.

4. Teh hijau

Teh hijau adalah minuman populer serta dikonsumsi banyak orang karena rasanya yang nikmat. Selain itu, teh hijau juga kerap dijadikan sebagai bahan alami untuk menurunkan berat badan. Bukan hanya itu saja, teh hijau ternyata juga termasuk salah satu tanaman obat untuk rematik karena mengandung antioksidan di dalamnya.

Kandungan tersebut bisa membantu membasmi peradangan pada OATrusted Source atau RATrusted Source.

5. Eucalyptus

Eucalyptus merupakan obat alami yang sering dipakai untuk membantu mengatasi beberapa jenis penyakit. Ekstrak daun tanaman Eucalyptus bisa membantu mengatasi nyeri arthritis.

Melansir dari laman healthline.com, eucalyptus memiliki kandungan tanin yang bisa membantu menurunkan rasa nyeri dan pembengkakan terkait dengan arthritis.

Anda dapat mengoleskan hasil rebusan tanaman ini atau daunnya yang sudah dihaluskan di bagian yang terasa sakit. Agar lebih praktis, Anda dapat membelinya dalam bentuk gel atau minyak dan cukup dioleskan langsung.

6. Sambiloto

Sambiloto merupakan tanaman yang mempunyai sifat antiradang, anti nyeri serta bisa menawarkan racun. Walaupun memiliki rasa yang pahit, tanaman ini mempunyai kandungan banyak zat kimia. Misalnya keton, alkane, kalsium, flavanoid, kalium dan natrium.

Anda bisa memanfaatkan tanaman obat untuk rematik ini dengan menyiapkan 10 gr sambiloto yang sudah kering, 1 gr lada, 10 gr temulawak dan 5 gelas air. Kemudian rebus semua bahan yang sudah disiapkan sampai tersisa 3 gelas saja. Selanjutnya, minum ramuan tersebut sehari 3 kali. Disarankan untuk meminum ramuan sambiloto ini 2 jam setelah makan dan 1 jam sebelum makan.

7. Daun salam

Daun salam bisa membantu meredakan nyeri yang terjadi akibat peradangan. Ini dikarenakan dalam tanaman tersebut terdapat senyawa flavanoid, atsiri alkaloid dan tanin yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja ginjal sekaligus melancarkan dan menambah volume urine.

Untuk pengobatan rematik, Anda dapat merebus 10-25 daun salam di dalam 3 gelas air sampai mendidih dan tinggal 1/3 saja. Minum rebusan tanaman tersebut 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Nah, itu tadi uraian mengenai tanaman obat untuk rematik yang dapat Anda coba untuk meredakan keluhan yang Anda rasakan. Selain beberapa tanaman herbal diatas, Anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal Rheumapas. Obat herbal ini dibuat dari ekstrak temulawak dan sambiloto yang mengandung anti inflamasi alami yang bisa membantu meredakan pembengkakan atau peradangan akibat rematik.

Tinggalkan Komentar