6 Ciri ciri Asam Urat Di Lutut

Rheumapas.com РAsam urat merupakan  jenis penyakit yang kerap biasa menyerang persendian. Terutama sendi yang terdapat pada bagian kaki. Salah satu sendi yang bisa saja terserang yaitu sendi pada dibagian lutut.

Penyebab utama dari lutut Anda terserang asam urat ialah penumpukan purin. Purin sendiri dapat ditemukan pada makanan. Jadi, bagi Anda penderita asam urat ataupun yang sudah pernah menderita asam urat sebaiknya hindarilah makanan yang mengandung banyak purin.

Nah, setelah mengetahui penyebab asam urat menyerang lutut. Tentu selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah gejalanya. Apa saja ciri – ciri asam urat di lutut? Simak ulasannya berikut ini.

Ciri Ciri Asam Urat Pada Lutut

Sendi Lutut Akan Terasa Sangat Tidak Nyaman

Pada gejala awal, Anda dapat merasakan sendi lutut yang sangat tidak nyaman. Kemungkinan besar Anda belum akan menyadari bahwa kondisi ini adalah gejala awal terjadinya asam urat. Sendi lutut akan terasa sangat tidak nyaman dan hal tersebut bisa juga terjadi kapan saja.

Sendi Lutut Terasa Nyeri

Setelah Anda mengalami rasa tidak nyaman pada sendi lutut, selanjutnya Anda juga akan mulai merasakan nyeri serta ngilu pada bagian sendi lutut tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa purin sudah berbentuk kristal-kristal asam urat yang tajam yang akan sangat mengganggu persendian. Karena itulah, Anda merasakan nyeri yang teramat sangat tidak nyaman.

Sendi Lutut Terasa Panas dan Seperti Terbakar

Bila gejala asam urat terus dibiarkan alias tidak segera diobati, maka tidak menutup kemungkinan Anda bisa mengalami gejala lanjutan yakni lutut terasa panas seperti terbakar. Kondisi ini terjadi karena asam urat sudah terlalu banyak menumpuk sehingga rasa panas sering menyerang secara tiba-tiba.

Sendi Lutut Terasa Kaku

Selanjutnya, Anda bisa merasakan lutut Anda menjadi terasa kaku. Bahkan Anda tidak akan bisa menggerakkan lutut dengan baik dan ketika cob a digerakkan bisa saja Anda merasakan kesakitan.

Sendi Lutut Mulai Kemerahan

Kondisi yang lebih parah lagi adalah ketika ditandai dengan memerahnya pada bagian lutut yang sedang terkena asam urat. Kondisi ini diikuti dengan gejala sebelumnya yaitu panas pada bagian lutut.

Sendi Lutut Mulai Mengalami Pembengkakan

Nah jika memang asam urat sudah sangat parah, maka sendi lutut akan mulai mengalami pembengkakan yang juga disertai dengan rasa nyeri, kaku, dan panas. Aktivitas Anda bisa terganggu dikarenakan lutut mengalami pembengkakan.

Itulah Gejala Asam Urat pada Lutut yang harus Anda ketahui. Bagaimana, cukup mengganggu aktivitas Anda bukan jika asam urat menyerang sendi lutut Anda? Karena itu, sebelum bertambah parah serta mengganggu aktivitas Anda segera lakukanlah pengobatan asam urat sedini mungkin.

Baca juga