6 Bentuk Latihan Stamina Untuk Daya Tahan Tubuh

Rheumapas.com – Memiliki stamina dan juga daya tahan tubuh yang baik serta kuat adalah harapan semua orang. Baik itu pada olahragawan, pekerja kantoran, laki-laki atau perempuan. Jika kita memiliki stamina dan juga daya tahan tubuh yang kuat maka dalam melakukan aktivitas dan kerhja sehari-hari menjadi lebih optimal. Stamina, yang disebut dengan endurance atau daya tahan tubuh, memiliki guna dalam menopang segala gerakan pada tiap otot dan tulang-tulang kita. Jika Anda memerlukan tenaga yang kuat karena pekerjaan Anda, dan pekerjaan Anda termasuk berlama lama maka tentunya butuh stamina yang kuat juga. Stamina pada tubuh bisa ditingkatkan dengan latihan-latihan fisik secara teratur. Selain dengan latihan fisik, asupan nutrisi dan gizi yang seimbang juga dibutuhkan. Berikut ini merupakan 6 bentuk latihan stamina untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Lari

Pertama olahraga lari. Lari merupakan salah satu olahraga yang banyak menguras energi. Ketika Anda melakukan gerakan lari maka jantung dan juga anggota tubuh Anda otomatis akan bergerak dengan bersamaan. Jika Anda melakukan olahraga lari ini maka tentu saja jantung dan juga sistem pernapasan Anda akan terlatih.

2. Yoga

Jika Anda ingin berfokus dengan sistem pernapasan dan ketenangan mental, maka olahraga yang bisa dipilih adalah yoga. Yoga walaupun sederhana tetapi dapat meningkatkan stamina dan juga daya tahan tubuh Anda. Karena olahraga yoga sendiri memfokuskan pernapasan dan ketenangan jantung maka otomatis akan membuat hati, jantung dan paru-paru Anda  menjadi lebih stabil.

3. Renang

Selain yoga dan juga lari, pilihan berikutnya adalah dengan olahraga renang. Renang, selain olahraga yang asyik, juga olahraga yang tentu menyehatkan. Renang memadukan sistem pernafasan dan juga gerakan tubuh agar seimbang. Tidak sedikit olahragawan dari cabang yang bukan renang menjadikan renang sebagai latihan dalam meningkatkan fisik dan stamina mereka.

4. Senam

Banyak orang beranggapan bahwa senam ialah olahraga paling mudah dan paling santai untuk dilakukan. Tapi jangan salah, jika Anda rutin melakukannya dengan durasi yang lama dan variasi gerakan yang juga berbeda, maka senam juga dapat menjadi salah satu pilihan alternatif untuk dapat meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh.

5. Skipping atau Jumping

Jika Anda sedang malas keluar atau malas berenang, maka skipping atau jumping bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang suka di rumah. Skipping merupakan latihan yang memanfaatkan alat dari skipping, disebut juga skipper. Skipping ini dapat dengan mudah ditemukan di toko olahraga, harganya pun tidak mahal dan banyak variasi. Lakukanlah olahraga ini 20 lompatan dalam 6 kali set setiap harinya. Anda akan merasakan perubahan pada stamina tubuh Anda jika melakukannya dengan rutin.

6. Bersepeda

Bersepeda tentu juga bisa meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh Anda. Tentunya stamina yang meningkat akan bisa di peroleh jika bersepeda dengan jarak yang cukup jauh, sebesar 8 hingga 15 km setiap harinya. Selain dapat meningkatkan stamina, bersepeda juga bisa menghilangkan stress. Stamina sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan rutin bersepeda maka Anda tidak akan mudah untuk merasa lelah ketika melakukan kerja dan aktivitas.

Baca juga