Rheumapas

5 Olahraga sebagai Cara Mengatasi Asam Urat Dan Rematik

Permasalahan asam urat serta rematik memang sangat menjengkelkan karena mempengaruhi kemampuan gerak seseorang. Disebutkan bahwa gangguan kesehatan yang satu ini kerap menimbulkan salah persepsi mengingat rasa nyeri yang ditimbulkannya sebagai ciri utama penyakit ini. Sekalipun memiliki perbedaan yang signifikan, pada dasarnya kedua permasalahan ini memiliki jalan keluar sama melalui cara mengatasi asam urat dan rematik dengan berolahraga.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai cara mengatasi rematik dan asam urat, untuk diketahui bahwasannya reumathoid arthiris atau yang merupakan rematik adalah salah satu penyakit autoimun. Ganggguan kesehatan ini menyebabkan terjadinya rasa nyeri sekaligus pembengkakan hingga peradangan pada bagian persendian. Pada beberapa kasus, rematik bisa mengarah pada gangguan organ lain seperti mata, jantung, kulit hingga paru-paru.

Asam urat itu sendiri lebih menyerang bagian pergelangan kaki ataupun tangan. Dalam beberapa kasus juga menyebutkan jika permasalahan ini menyerang bagian persendian juga. Mengenai penyebab asam urat lebih mengarah pada gaya hidup yang tidak terkontrol dari berbagai sisi. Kondisi ini juga lebih sering dialami oleh orang kaya, sekalipun hal ini sifatnya tidak mutlak.

Untuk Anda yang mengalami permasalahan radang persendian dan bingung untuk mengenali apakah gangguan kesehatan tersebut lebih ke arah rematik ataupun asam urat, akan lebih baik jika Anda bertemu dengan praktisi kesehatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kepastian dan tindak lanjut melalui cara mengatasi rematik dan asam urat dengan melakukan serangkaian olahraga.

Rekomendasi Cara Mengatasi Asam Urat dan Rematik dengan Berolahraga

Tidak semua olahraga sangat cocok untuk dilakukan oleh mereka dengan permasalahan rematik dan asam urat. Berbagai jenis olahraga yang mampu membebani sendi sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan karena bisa memperparah rasa nyeri. Sebagai gambaran umum mengenai cara mengatasi asam urat dan juga rematik dengan berolahraga, Anda bisa mencoba untuk melakukan beberapa jenis olahraga berikut ini.

1. Jalan kaki

Untuk cara mengatasi asam urat dan juga rematik yang dilakukan melalui kegiatan olahraga adalah dengan berjalan kaki. Kegiatan yang satu ini dipercaya sangat baik untuk dilakukan oleh mereka yang menderita asam urat ataupun rematik, disebutkan bahwa olahraga ini mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Kegiatan ini sangat cocok dilakukan di pagi hari sembari menikmati udara segar di sekitar. Jika Anda tidak sempat, kegiatan ini bisa Anda lakukan di saat siang hari ketika jam istirahat kantor saat Anda ingin menyantap makan siang.

2. Berenang

Selain berjalan kaki, olahraga riangan lain yang pastinya juga mampu untuk membakar lemak tubuh adalah berenang. Olahraga air yang menjadi solusi dalam cara mengatasi asam urat dan rematik ini akan membuahkan hasil yang jauh lebih maksimal ketika dilakukan di kolam air hangat.

Anggapan tersebut merujuk pada apa yang diungkapkan oleh Center for Disease Control and Prevention (CDC). Banyak orang yang mengungkapkan jika dengan melakukan cara mengatasi asam urat dan juga rematik ini, maka permasalahan nyeri pada persendian bisa berkurang secara signifikan.

3. Bersepeda

Jika Anda tidak memiliki kemampuan berenang dan lebih senang bersepeda di pagi hari, bisa dikatakan jika olahraga ini termasuk cara yang mudah dan murah. kegiatan bersepeda secara rutin setiap satu minggu sekali akan membantu Anda dalam meredakan rasa nyeri karena rematik ataupun asam urat.

Selain itu, kegiatan ini juga mampu untuk meningkatkan kemampuan gerak sendi hingga daya tahan tubuh sehingga tidak akan terserang berbagai penyakit. Selain itu, kegiatan bersepeda juga mampu meningkatkan kesehatan jantung.

4. Thai Chi

Thai Chi merupakan salah satu olahraga bela diri yang berasal dari Tiongkok. Jenis olahraga yang satu ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan solusi dalam mengatasi rematik dan asam urat.

Dikutip dari Helathline, disebutkan bahwa olahraga ini menggabungkan berbagai gerakan lambat dan cepat yang tertatur hingga berfokus pada peningkatan fungsi otot. Dengan melakukan olahraga ini secara teratur, maka akan mampu mengurangi rasa saiki pada persendian karena rematik dan asam urat.

5. Yoga

Selain beberapa, olahraga lain yang bisa dilakukan untuk mengarasi asam urat serta rematik adalah yoga. Olahraga yang mengedepankan peregangan pada setiap anggota tubuh ini mampu untuk meningkatkan fleksibilitas anggota gerak.

Hal tersebut diungkapkan oleh direktur dari Leon Medical Center dan didukung oleh ahli ortopedi, Philip Conwisar Ma yang mengungkapkan jika beberapa gerakan yoga yang berfokus pada pinggul, lengan, betis dan lainnya mampu mengurangi nyeri pada persendian.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi rematik dan asam urat yang dilakukan melalui serangkaian kegiatan olahraga. Dengan melakukan olahraga yang ringan, maka secara tidak langsung akan mengurangi rasa nyeri pada persendian. Selain itu, pastikan Anda juga mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidak mengadung purin yang menyebabkan rasa sakit datang kembali. Dengan menerapkan beberapa hal di atas, kini Anda bebas dari rematik dan asam urat.

Tinggalkan Komentar