5 Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan

Rheumapas.com – Labu kuning bukan hanya buah yang memiliki bentuk menggemaskan dan juga rasa yang lezat, akan  tetapi ternyata juga menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan. Buah yang sering dijadikan bahan dalam membuat hidangan penutup ini memiliki berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Apa saja kandungan dan manfaat dari labu kuning untuk kesehatan?

Manfaat Labu Kuning

Labu kuning merupakan buah yang sangat kaya dengan nutrisi, tidak heran jika dengan konsumsi labu kuning dipercaya akan memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut merupakan 9 manfaat labu kuning yang harus Anda ketahui

  1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat dari labu kuning yang pertama ialah menjaga kesehatan mata. Umumnya ketika seseorang akan menurun kemampuan penglihatannya seiring  bertambahnya usia, namun bukan berarti jika seseorang tidak berpotensi mendapatkan masalah pada penglihatan di usia muda. Kebiasaan membaca yang salah, atau paparan layar ponsel dan komputer, dan kebiasaan yang lainnya juga dapat memicu.

  1. Memelihara sistem pencernaan

Manfaat labu yang selanjutnya adalah mampu memelihara sistem pencernaan. Kandungan serat tinggi di dalam labu dipercaya dapat menjaga kerja sistem pencernaan serta mengatasi masalah seperti sembelit. Labu kuning juga memiliki antioksidan sehingga dapat menurunkan risiko pada berbagai gangguan pencernaan.

  1. Baik untuk penderita diabetes

Salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes adalah makanan yang tinggi dengan serat dan labu kuninglah salah satunya. Penderita diabetes pada umumnya diharuskan untuk mengganti konsumsi nasi dengan jenis karbohidrat yang lainnya. Meskipun belum diketahui bagaimana labu kuning bisa berpengaruh pada gula darah, akan tetapi labu kuning tetap menjadi makanan yang baik dikonsumsi penderita diabetes.

  1. Dapat menurunkan berat badan

Serat tinggi pada labu kuning juga dipercaya untuk bias membantu menurunkan berat badan. Labu kuning diserap lebih lama pada pencernaan sehingga bisa memberikan sensasi kenyang yang lebih lama. Buah ini juga memili rendah kalori sehingga sangat cocok untuk dimasukan ke dalam menu diet untuk menurunkan berat badan.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat darii labu kuning yang berikutnya adalah dapat manjaga kesehatan kulit. Kandungan beta-karoten pada labu kuning dipercaya bisa menjadi tabir surya alami yang bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Vitamin C yang terkandung pada labu kuning juga dapat membantu untuk menjaga produksi kolagen yang merupakan salah satu dari protein utama penyusun kulit.

Baca juga