efek samping es batu untuk wajah

11 Efek Samping Es Batu untuk Wajah

11 Efek Samping Es Batu untuk Wajah

Rheumapas.com – Apakah es batu bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah? Es batu selain segar ketika dimasukan ke dalam minuman, ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan khususnya pada kulit wajah.

Kulit wajah adalah bagian tubuh yang paling sering dirawat dan juga banyak menimbulkan masalah kulit. Contohnya seperti kulit yang berminyak, berjerawat, pori-pori yang membesar, terbakar matahari dan lain sebagainya

Efek samping es batu untuk wajah

Berikut ini merupakan beberapa efek samping es batu yang baik untuk wajah dan kesehatannya:

1. Mengurangi pembengkakan mata

Untuk mengurangi bengkak pada mata akibat kurang tidur atau sisa menangis semalam, bungkus es batu kecil menggunakan kain lembut dan kompreskan pada mata. Diamkan beberapa saat sampai mata terasa lebih enak.

2. Meredakan peradangan

Bungkus es batu menggunakan kain atau kantung plastik, kemudian kompreskan pada jerawat yang sedang meradang selama 10 menit. Dalam jangka waktu yang singkat, kemerahan maka peradangannya akan berkurang.

3. Mengurangi pembengkakan

Hal ini masih berkaitan seperti bahasan sebelumnya karena pembengkakan merupakan salah satu tanda kulit meradang. Sifat lain dari es ialah dapat mengontraksi pembuluh darah, sehingga akan lebih sedikit darah yang sampai ke permukaan kulit. Ini sangat baik jika sedang peradangan pada kulit karena dapat membuatnya menjadi jauh lebih cepat daripada cara lain.

4. Sebagai primer wajah

Sebelum menggunakan makeup, biasanya wajah akan dikompres terlebih dahulu menggunakan es batu. Tujuannya adalah untuk membantu meminimalkan pori-pori serta membuat tampilan kulit jadi lebih halus.

5. Membuat kulit lebih kenyal

Setelah menggunakan scrub dan juga masker, kompres kulit Anda dengan mentimun yang sudah Anda campur dengan es batu agar kulit menjadi lebih lembab dan kenyal.

6. Mengurangi produksi minyak pada wajah

Es batu bermanfaat dalam mengurangi produksi minyak pada wajah. Caranya, dengan cuci muka dengan es batu seminggu sekali. Hal ini akan membantu menjaga sel-sel lemak berada di bawah kontrol serta membantu membakar lemak pada pipi.

7. Mengecilkan pori-pori wajah

Bagi Anda yang memiliki masalah pori-pori wajah yang terbuka, sensasi dingin dari es batu dapat digunakan dalam mengecilkan pori-pori di wajah. Caranya, bungkus es batu menggunakan kapas atau kain kemudian pijatkan secara lembut di wajah dan leher.

8. Mengatasi kulit yang terbakar matahari

Jika kulit mudah terbakar oleh sinar matahari, Anda bisa mengatasinya dengan es batu. Dinginnya pada es batu ini membuat kulit yang terbakar matahari terasa lebih segar dan juga nyaman. Caranya,  kompres air dingin dapat membantu mengurangi rasa perih dan rasa tidak nyaman. Jangan langsung tempelkan es batu pada wajah karena bisa meningkatkan iritasi kulit.

9. Meningkatkan sirkulasi darah

Kegunaan es batu untuk wajah ialah bisa dilakukan dengan menggosok es batu di wajah yang untukt meningkatkan sirkulasi darah. Jika sirkulasi darah lancar, maka tanda-tanda penuaanpun diperlambat. Caranya, dengan gosokkan es batu di wajah selama satu menit. Lakukan hal ini pada dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Mengurangi jerawat

Es batu juga bisa mengurangi kemerahan pada wajah, jadi sangat efektif untuk jerawat. Es batu juga bisa menenangkan iritasi. Anda dapat menggunakan es batu setelah melihat ada jerawat baru muncul, sehingga akan memperlambat peradangan yang dimulai. Manfaat dari es batu untuk wajah sebelum tidur bisa didapat jika dilakukan dengan rutin setiap malam, dan ini merupakan cara yang terbaik.

11. Mencegah penuaan dini

Setiap orang tentu saja tidak mau mengalami penuaan dini. Ciri-ciri dari penuaan dini adalah muncul kerutan, bintik hitam, dan juga kulit terlihat kusam. Salah satu manfaat dari es batu untuk wajah adalah bisa mencegah hal tersebut terjadi karena pori-pori kulit pun akan kembali mengecil.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar