Rheumapas

10 Cara Ampuh Mengobati Asam Urat Secara Alami

Asam urat merupakan limbah dari pencernaan makanan yang memiliki banyak kandungan purin. Pada dasarnya, asam urat akan dibuang dari tubuh melalui feses atau urin. Asam urat yang tidak dapat keluar dari tubuh akan bertumpuk di dalam darah dan ginjal. Bukan hanya itu saja, asam urat juga dapat bermuara pada persendian tubuh. Saat asam urat masuk ke bagian sendi maka rasa nyeri akan menyerang dengan keras. Untuk itu disini akan dibahas mengenai cara mengobati asam urat secara alami.

Penumpukan asam urat terjadi akibat konsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi seperti jeroan, bir, makanan laut dan lainnya. Konsumsi makanan tinggi purin tersebut akan menjadikan ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Selain faktor makanan, beberapa alasan lain juga dapat memicu asam urat seperti obesitas, stres dan pengaruh genetik.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Dalam beberapa kasus asam urat memang tidak menimbulkan masalah serius, namun jika penyakit ini dibiarkan maka bisa saja muncul komplikasi atau pemicu penyakit kronis. Pengobatan penyakit secara alami sekarang ini menjadi alternatif yang digandrungi masyarakat karena aman dan cukup mudah dilakukan.

Berikut beberapa cara untuk mengobati penyakit asam yang bisa dilakukan dengan mudah dan pastinya aman.

1. Menghindari konsumsi gula berlebih


Cara alami mengobati asam urat yang pertama adalah dengan membatasi atau bahkan menghindari konsumsi gula. Dalam sebuah study disebutkan bahwa gula memiliki potensi cukup tinggi dalam perkembangan asam urat. Hal ini juga berlaku pada minuman dengan kandungan gula tinggi lainnya.

2. Mengonsumi cukup air


Memaksimalkan kinerja ginjal menjadi salah satu cara mengobati asam urat secara alami yang recommended. Untuk membuat ginjal dapat berfungsi dengan baik kita dapat mengkonsumsi air dengan kadar yang cukup. Asam urat yang menumpuk di dalam tubuh akan lebih cepat terbuang jika terdorong dengan air.

3. Menghindari komsumsi minuman beralkohol


Selain minuman manis dan juga gula, disarankan pula bagi penderita asam urat untuk menghindari konsumsi alkohol. Hal ini karena minuman tersebut menjadikan tubuh mudah terkena dehidrasi sehingga kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Dengan demikian usahakan untuk menerapkan hidup sehat tanpa konsumsi alkohol sebagai cara alami untuk mengobati asam urat.

4. Hindari stress


Stress, kurangnya aktivitas olahraga serta kualitas tidur yang tidak baik dapat mengakibatkan inflamasi dan membuat asam urat meningkat. Menghindari hal-hal tersebut disarankan sebagai cara mengobati asam urat secara alami. Rajinlah berolaraga, dapatkan kualitas tidur yang sempurna dan juga sebisa mungkin hindari stress.

5. Konsumsi cuka apel


Di dalam cuka apel terdapat kandungan malic acid yang dapat membantu memecah partikel asam urat berlebih dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi cuka apel secara teratur dapat menjadi pembersih racun yang efektif dalam tubuh. Anda padat membuat minuman sehat dari cuka apel dengan campuran air.

6. Jus lemon


Cara mengobati asam urat secara alami berikutnya adalah dengan mengkonsumsi jus lemon. Di dalam lemon terdapat kandungan citric acid yang berfungsi untuk meredakan rasa nyeri akibat asam urat. Selain itu, lemon juga memiliki kandungan vitamin  yang bagus untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

7. Konsumsi makanan kaya serat


Makanan yang memiliki kandungan serat tinggi juga sangat disarankan untuk dikonsumsi secara teratur sebagai cara alami untuk mengobati asam urat. Dengan kandungan serat yang tinggi maka asam urat dapat diserap dengan baik sehingga limbahnya dapat dibuang secara sempurna melalui ginjal. Beberapa makanan tinggi serat antara lain wortel, timun, brokoli, oat dan juga buah pear.

8. Minyak zaitun


Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan antioksidan dan juga vitamin E yang bagus untuk meredakan peradangan. Selain itu, kandungan vitamin E dalam minyak zaitun juga sangat efektif untuk mengendalikan tingkat asam urat dalam tubuh.

9. Teh hijau


Mengkonsumsi teh hijau cukup bagus untuk membantu mengatasi masalah asam urat. Selain itu, konsumsi teh hijau juga bagus untuk mencega terjadinya asam urat. Oleh karena itu, teh hijau ini baik dikonsumsi dari sekarang untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita.

10. Kalium


Cara mengobati asam urat secara alami berikutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium tinggi. Anda dapat memperoleh kandungan kalium tinggi dari buah-buahan seperti kiwi, alpukat, mangga, pisang dan juga tomat.

Selain beberapa cara untuk mengobati penyakit asam urat secara alami diatas,konsumsi obat herbal juga disarankan untuk membantu mengatasi asam urat. Salah satu produk yang recommended sebagai obat asam urat adalah Rheumapas. Produk herbal ini dibuat dari ekstrak tanaman yang ampuh untuk meredakan nyeri sendi, menghilangkan radang sendi atau bengkak akibat asam urat.

Selain itu, produk herbal ini juga memiliki khasiat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mengeluarkan asam urat berlebih dalam tubuh. Dengan demikian, anda dapat mencoba mengkonsumsi Rheumapas sebagai cara untuk mengobati penyakit asam sekaligus menjaga kesehatan tubuh agar selalu bugar sepanjang hari.

Tinggalkan Komentar